TRANSFORMASI DESA MENUJU INDONESIA EMAS 2045: “KELAS REMAJA” SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN SUMBER DAYA MANUSIA DI DESA TEGALOMBO

  • Aug 16, 2023
  • Admin Desa Tegalombo

Pada tahun 2045 mendatang, Indonesia akan memasuki usianya yang genap satu abad atau 100 tahun. Sebagai generasi muda Indonesia, tentunya kita harus memanfaatkan momentum tersebut dengan sebaik-baiknya. Anak muda Indonesia memiliki potensi luar biasa untuk menjadi "Generasi Emas". Dibekali dengan akses yang luas dan mudah terhadap informasi dan pendidikan, serta teknologi yang semakin canggih, generasi muda memiliki peluang untuk mengembangkan potensi mereka dalam berbagai bidang. Kreativitas, inovasi, pemikiran yang kritis dan terbuka serta semangat kewirausahaan dapat menjadi kunci kesuksesan dalam menghadapi tantangan masa depan.

 

Untuk mempersiapkan Indonesia Emas 2045, generasi muda Indonesia perlu melakukan satu langkah nyata. Salah satu langkah nyata yang dapat dilakukan oleh generasi muda Indonesia adalah dengan menciptakan serta membentuk sumber daya manusia yang berkualitas serta berkarakter. Untuk itulah, TIM II KKN Universitas Diponegoro tahun 2023 memiliki inisiatif untuk membentuk suatu kegiatan inspiratif bertajuk “Kelas Remaja Tegalombo” dalam salah satu program kerja multidisiplin.

 

Kegiatan “Kelas Remaja Tegalombo” merupakan salah satu program kerja multidisiplin yang dibuat oleh TIM II KKN Universitas Diponegoro tahun 2023 dengan mengacu pada situasi dan kondisi yang ada di Desa Tegalombo. Adanya inisiatif ini diawali oleh adanya kunjungan ke rumah salah satu Bidan Tegalombo. Beliau berkata bahwa remaja Tegalombo sebetulnya memiliki potensi yang luar biasa. Akan tetapi, mereka tidak memiliki wadah untuk menyalurkannya. Selain itu, Bu Bidan juga berkata bahwa akan lebih baik apabila remaja-remaja di Desa Tegalombo ini memiliki ilmu dan pengetahuan yang cukup tentang kesehatan, ekonomi, serta sosial politik supaya mereka dapat tumbuh menjadi remaja-remaja berkualitas. Atas dasar hal tersebut, TIM KKN II Universitas Diponegoro membentuk program kerja ini.

 

Kegiatan “Kelas Remaja Tegalombo”  ini terlaksana pada hari Minggu, 6 Agustus 2023 pada pukul 09.30 s.d 11.00 di Balai Desa Tegalombo. Kegiatan ini turut dihadiri oleh kurang lebih 20 (dua puluh) peserta yang berasal dari remaja Karang Taruna Tegalombo. “Kelas Remaja Tegalombo” terlaksana dalam beberapa sesi, yakni:

  1. Sesi Perkenalan

            Pada sesi ini, perwakilan dari TIM KKN II Universitas Diponegoro memperkenalkan tim KKN. Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan sambutan oleh Koordinator Desa dan ditutup dengan menyampaikan maksud dan tujuan dibentuknya “Kelas Remaja Tegalombo” .

 

  1. Sesi Pemberian Materi

            Guna membekali remaja Tegalombo dengan ilmu dan pengetahuan, maka TIM KKN II Universitas Diponegoro memberikan beberapa materi yang tentunya mengasikkan dan penting untuk mereka ketahui. Materi pertama adalah tentang “Edukasi  Pemilih Pemula Guna Mengawal Pemilu Bersih dan Partisipatif tahun 2024” yang disampaikan oleh Cessie Hillia Debora dari Prodi Hukum. Materi kedua kemudian dilanjutkan oleh Cessie Hillia Debora (Prodi Hukum) dan Diqna Prani Wibowo (Prodi Psikologi) dengan judul “Sosialisasi Bentuk-Bentuk Tindak Pidana Kekerasan Seksual & Bantuan Hukum Terhadap Korban” dan “Penanganan Korban Pelecehan Seksual”.

Kegiatan kemudian diselingi dengan pemberian ice breaking sebelum dilanjutkan ke materi yang selanjutnya. Pemberian materi yang ketiga yakni disampaikan oleh Nawang Sekar Kinanti dari Prodi Hukum dengan tema “Kejar Ijazah, Bukan Buku Nikah. Stop Pernikahan Dini! Terakhir, penyampaian materi yang keempat yang disampaikan oleh Grace Hooper Richard Markus dari Prodi Ilmu Ekonomi dengan judul “Pengenalan dan Pemanfaatan Digital Marketing Pada Kalangan Remaja”.

 

  1. Sesi Quiz Berhadiah

            Sebelum kegiatan ditutup secara resmi, TIM KKN II Universitas Diponegoro mengadakan quiz berhadiah untuk 3 penjawab tercepat. Adapun pertanyaan-pertanyaan quiz tersebut berasal dari seluruh pembicara. Dalam pelaksanaannya, kegiatan berlangsung dengan sangat meriah dan menyenangkan karena antusiasme peserta.

 

 

Kegiatan kemudian diakhiri dengan pembagian hadiah kepada peserta yang berhasil menjawab pertanyaan dengan benar dan tepat. Setelah pembagian hadiah, MC pun menutup kegiatan dengan cukup meriah. Di akhir kegiatan, seluruh peserta dan TIM KKN II Universitas Diponegoro berfoto bersama.

 

Dengan adanya kegiatan ini, TIM KKN II Universitas Diponegoro 2023 berharap bahwa remaja Tegalombo bisa tumbuh dan berkembang menjadi remaja yang berkualitas baik sehingga mampu untuk mewujudkan Indonesia Emas 2045.

 

‘KAMI REMAJA INDONESIA SIAP MENYONGSONG INDONESIA EMAS 2045!’